BERITA DUKA: Pilot Lion Air Meninggal Dunia Akibat Corona

pilot Lion Air

TOPMETRO.NEWS – Seorang pilot Lion Air dilaporkan meninggal dunia akibat terjangkit virus COrona. Setidaknya menurut Direktur Jenderal (Dirjen) Perhubungan Udara (Hubdar) Kementerian Perhubungan Novie Riyanto, pihaknya mengakui bahwa seorang pilot Lion Air sudah meninggal dunia, Minggu (22/3/2020). Kematian korban akibat terjangkit Covid-19.

Pilot Lion Air Meninggal Dunia di Tangerang

Sebagaimana dilaporkan goriau yang dikutip dari detikcom, Danang Mandala Prihantoro, Corporate Communications Strategic of Lion Air pun membenarkan ada pilot Lion Air yang meninggal dunia di salah satu rumah sakit di Tangerang.

”Lion Air menerima konfirmasi bahwa Capt SP dinyatakan meninggal dunia kurang lebih pukul 17.50 waktu setempat (Waktu Indonesia Barat, GMT+ 07) pada Minggu (22/3/2020) oleh dokter (tim medis),” kata Danang dalam keterangannya, Senin (23/3/2020).

Meski begitu, Danang menyatakan pihaknya belum menerima informasi pasti penyebab meninggalnya Captain SP. Jenazah Capt SP sudah dikuburkan pada Minggu (22/3/2020).

artikel untuk Anda | Untung Ada TNI, Bersama Warga, NKRI Utuh Terjaga

Keluarga Besar Lion Air Berduka

”Lion Air menyampaikan rasa duka cita yang sangat mendalam atas kepergian salah satu penerbang terbaik yakni Capt SP. Semoga keluarga dan karib kerabat yang ditinggalkan diberikan ketabahan. Jenazah sudah diserahterimakan ke pihak keluarga dan telah dimakamkan pada hari yang sama, Minggu,” tutur Danang.

Danang pun menyinggung rekam jejak Capt SP selama menerbangkan ‘burung besi’ Lion Air.

”Secara perusahaan, Capt SP memiliki catatan terkait prilaku, kesehatan serta kinerja (performance) yang cukup baik,” sebut Danang.

Danang mengatakan almarhum Capt SP terakhir kali melakukan cek kesehatan pada 4 Maret 2020. Saat itu SP dinyatakan sehat.

”Berdasarkan rekam medis, pengecekan kesehatan (medical check-up) terakhir almarhum pada 4 Maret 2020, di mana yang bersangkutan dinyatakan sehat dan laik terbang (fit for flight). Tidak ada catatan yang menunjukkan penggunaan obat-obat terlarang dan narkoba,” jelas Danang.

Lion Air Group mengaku memperkerjakan karyawan dan awak pesawat sesuai semua protokol kesehatan dan melaksanakan aturan regulator, salah satunya secara konsisten tetap mengecek kesehatan sebelum awak pesawat bertugas terbang.

Positif Terinfeksi Corona

Sebelumnya, dikutip dari Tempo.co, Dirjen Hubla Novie Riyanto mengatakan, pihaknya sudah mendapat konfirmasi dari maskapai bersangkutan terkait meninggalnya pilot akibat terinfeksi Covid-19. Namun, pilot yang meninggal itu, identitasnya sempat dirahasiakannya.

”Benar adanya informasi tersebut, tadi sudah dikonfirmasi,” ujarnya, Senin (23/3/2020).

Setelah mendapat konfirmasi tentang kematian pilot akibat virus Corona, pihak Kementerian Perhubungan akan mengirimkan surat edaran kepada seluruh maskapai agar memperketat standar operasional prosedur bagi awak kabin.

”Saat ini kami menyiapkan edaran kepada semua operator pesawat udara untuk melaksanakan SOP perlindungan kesehatan awak kabin dan penanganan bagi yang sudah terinfeksi.” sambungnya.

reporter | Dpsilalahi
sumber | go riau

Related posts

Leave a Comment